Sabtu, 22 Juni 2013

Air Putih Untuk Diet


AIR PUTIH
Beberapa tips berikut ini dapat Anda manfaatkan untuk membantu diet :
1)  Minumlah 1 gelas air putih setiap tiga jam sekali pada siang hari dan 1 gelas setiap kali Anda terbangun kencing di malam hari. Kebiasaan banyak minum air putih memang membuat Anda sering kencing pada malam hari, tetapi selama semua kondisi tubuh sehat dan Anda tidak merasa terganggu kebiasaan ini dapat diteruskan.
2)  Biasakan minum 1 atau 2 gelas air dingin sebelum makan, kalau tidak menyukainya, Anda dapt menggantikannya dengan teh hijau atau blender (bukan jus) sayuran dan buah yang rendah kalori, tanpa menambahkan pemanis lainnya kedalam minuman. Untuk mengetahu jenis-jenis sayuran dan buah yang rendah kalori, Anda dapat meminta daftarnya pada ahli gizi atau diefisien.
3)  Pilihlan air yang benar-benar alami. Air botol yang kini banyak dijual seyogianya berasal dari mata air pegunungan yang jauh dari tempat pencemaran seperti wilayah perumahan dan pertanian yang menggunakan pertisida/pupuk organik. Anda dapat membaca label kemasan untuk mengetahui sumber airnya. Air yang berasal dari sumber alami pegunungan yang belum tercemar umumnya berupa air heksagomal.
4)  Air dingin bersifat termogenik, karena suhu yang dingin akan menurunkan suhu didalam saluran cerna. Pada suhu jauh dibawah 370C enzim-enzim dalam saluran cerna tak dapat bekerja baik untuk mencerna makanan, sehingga sebgaian besar unsur makanan tidak akan terserap. Untuk mencernakan makanan, suhu saluran cerna yang dingin harus dinaikkan dahulu sehingga diperlukan energi tambahan. Jadi, air dingin dapat membantu diet perampingan. Karena:
o   Makanan tidak tercerna dengan baik,
o   Terjadi peningkatan pengeluaran kalori yang diperlukan untuk menaikkan suhu saluran cerna.
5)  Jangan minum sirup, sportdrink atau minuman manis lainnya, termasuk yang mengandung gula jagung (corn sugar, fruktosa) ketika ingin menurunkan berat badan. Jenis-jenis minuman ini akan memberikan kalori yang instan. Sebagai penggantinya, Anda dapat minum cairan isotonik seperti sportdrink yang tidak mengandung banyak karbohidrat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar